Bagi para Kunjungi kami, mereka mungkin masih beranggapan bahwa sepertinya mereka memiliki pilihan sedikit sekali untuk bekerja. Banyak diantara mereka yang masih mengaggap untuk bekerja di perusahaan-perusahaan besar hanyalan sebuah mimpi karena kenyataan yang sering mereka temui adalah sedikit sekali para penyandang disabilitas yang bekerja disana. Fenomena tersebut yang justru kemudian membuat mereka kurang percaya diri untuk mengikuti seleksi pemenerimaan pegawai. Mereka justru minder dan tidak percaya bahwa perusahaan-perusahaan akan secara objektif melihat kemampuan yang dimiliki tanpa mempermasalahkan keterbatasan mereka. Padahal jika mereka melihat fenomena saat ini, banyak perusahaan besar yang justru mulai sadar tentang tanggung jawab mereka untuk menciptakan lingkungan kerja yang ramah.

Mereka secara tegas bahkan mengupayakan untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi para penyandang disabilitas yang memiliki pontensi untuk dikembangkan sekalikus dikaryakan di dunia kerja. Beberapa lowongan pekerjaan saat ini justru memberikan jalur khusus bagi para penyandang disabilitas. Dengan kata lain, diantara mereka yang berkebutuhan khusus dan mengikuti seleksi yang diselenggarakan oleh perusahaan tersebut akan diterima menjadi karyawan. Jika kalian melihat lowongan-lowongan pekerjaan dari perusahaan-perusahaan besar, terutama perusahaan milik negara, sudah dimulai proses seleksi dengan beberapa jalur, termasuk jalur khusus bagi mereka difabel (different ability).

Namun langkah-langkah yang positif ini disatu sifi juga perlu dipastikan bahwa para penyandan disabilitas yang akan bekerja nanti benar-benar mendapatkan fasilitas-fasilitas yang ramah di lingkungan kerja. Berarti perusahaan-perusahaan yang ingin mewujudkan tanggung jawab sosial nya tersebut juga perlu menyediakan atau sedikit merancang kembali beberapa fasilitas kerja agar ramah bagi para penyandang disabilitas.

Apabila langkah-langkah ini dapat dilaksanakan dengan baik, semua pihak tentu merasa bangga. Langkah-langkah positif tersebut merupakan perwujudan nyata untuk menghapus asumsi yang berkembang bahwa banyak lingkungan kerja yang ekslusif dan tidak ramah bagi semua golongan. Selain dari wujud keberpihakan kepada para penyandang disabilitas, pelaksanakan seleksi jalur khusus dapat memberikan harapan bagi para penyandang disabilitas untuk semakin giat belajar dan mengasah keterampilan agar siap di dunia kerja.